CATATAN PAGUYUBAN GUIDE DIENG


Paguyuban pemandu wisata dataran tinggi dieng menjadi sebuah tolak ukur di kawasan wisata dieng yang hingga kini semakin bertambah ( stakeholder ) di bidang kepemanduan. Banyaknya jasa pemandu atau yang lebih akrab di sebut guide memang sangat membantu wisatawan yang hendak berwisata ke dataran tinggi dieng merasa cukup aman dan nyaman selama berwisata jika di dampingi seorang guide lokal berpengalaman.

Dengan informasi yang di sampaikan oleh seorang guide bisa menjadi sebuah referensi bagi si wisatawan baik domestik atau mancanegara. sehingga berbagai informasi yang di butuhkan seperti objek wisata dieng, akomodasi wisata, jasa paket wisata , transportasi wisata serta keperluan dan kebutuhan wisatawan akan di dapat dengan mudah tanpa harus bersusah payah mencari informasi selain kepada seorang guide.

Di kawasan dataran tinggi dieng sekarang sudah ada sekelompok pemuda dan pemudi yang berjiwa wisata dengan misi dan visi yaitu menjadikan daerah wisata pegunungan dieng sebagai destinasi wisata unggulan di jawa tengah. Komunitas pelaku wisata sering mengadakan berbagai kegiatan rutin dengan berbagai agenda di setiap pertemuan seperti Platber ( Pelatihan bersama ) di laksanakan setiap satu minggu sekali serta pertemuan rutin di awal bulan.

Segudang aktifitas yang di lakukan sekelompok pelaku wisata ( pramuwisata lokal ) hingga kini menjadi daya tarik masyarakat dengan harapan nantinya masyarakat sendiri akan lebih mengenal apa itu arti sadar wisata serta manfaat dari kepariwisataan yang ada di dataran tinggi dieng pada umumnya. Catatan perjalanan guide wisata dieng ( meno dieng )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar